Pages

Hyperlink

Beberapa definisi Hyperlink:

Hyperlink adalah teks atau gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.Teks atau gambar yang dijadikan hyperlink mempunyai tampilan yang berbeda dengan teks yang lain (misalnya diberi garis bawah dan warna lain ).Pointer mouse akan berubah menjadi tanda jari jika diarahkan pada teks atau gambar yang merupakan hyperlink.

Hyperlink adalah bagian dari web page yang menghubungkan anda ke file lain, menyediakan seamless link ( hubungan) ke file-file pada komputer lain. Bisa dikenal sebagai link. Mengklik hyperlink berarti membrowser WWW dan pergi ke berbagai lokasi.
Hyperlink adalah teks yang bergaris bawah dan berwarna atau sebuah gambar yang jika di-click akan membawa Anda pada sebuah file, sebuah lokasi dari sebuah file, halaman web dan sebagainya. Dengan adanya hyperlink Anda tidak terbatas pada tampilan tertentu saja dan memudahkan anda berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau ke file lain bahkan ke situs lain.

Ada beberapa pengelompokan hyperlink. Yang pertama adalah yang disebut dengan Internal Anchors. Suatu saat mungkin anda pernah menjumpai sebuah halaman web yang berisi sebuah dokumen panjang, yang menjelaskan tentang suatu hal. Bila anda perhatikan, banyak di dalam halaman dokumen tersebut, kata-kata atau kalimat yang merupakan hyperlink –biasanya diset dengan warna font yang beda, atau digaris bawah-, yang merupakan konten hidup.
Yang kedua adalah yang disebut sebagai ‘Mail To’. Sebuah konten hidup, bila diklik maka akan mengaktifkan mail-client pada komputer anda dan langsung ter-set pada alamat e-mail yang dituju sesuai yang dimaui pembuat konten.

Sedang yang ketiga adalah, yang disebut sebagai ‘Page Link’. Bila di-klik kemudian akan membuka halaman baru, bisa pada situs yang sama halaman lain, atau mungkin menuju situs yang beda, yang tentunya masih pada pokok pembicaraan yang sama dengan halaman sebelumnya. Bisa muncul pada jendela yang sama, atau membuka jendela baru pada halaman yang dituju.
(dari berbagai sumber)

Kesimpulannya hyperlink merupakan kompenen yang penting dalam membuat presentasi, dalam tampilan blog maupun web. Dengan hyperlink kita mamapu menyediakan link (penghubung) dari satu slide (dalam presentasi) menuju slide yang lain, maupun halaman dalam blog/web menuju ke halaman yang lain.
Ingin melihat contoh hyperlink dalam presentasi powerpoint klik disini

0 komentar:

Posting Komentar