Pages

Multimedia pps Tata surya

Dalam era sekarang ini seorang guru harus dituntut untuk mampu berfikir kreatif dan bertindak inovatif dalam pembelajaran. Termasuk dalam hal merancang media pembelajaran yang disampaikan kepada siswa dapat tidak lagi melalui hard copy atau dalam bentuk buku teks. Tetapi guru dapat merancang sebuah media (selanjutnya multimedia) yang berbasis dengan teknologi informasi. Tentunya hal ini membutuhkan sumber daya manusia yang baik dan siap serta penunjangan sarana dan prasarana pembelajaran yang berupa komputer.
Melalui multimedia tersebut langkah pembelajaran sangat efektif bila ditinjau dari efisiensi waktu, dimana multimedia ini telah berisi materi dan soal sebagai evaluasi, tenaga yaitu guru yang tidak perlu berbicara di depan kelas karena tinggal menyajikan tampilan multimedia kepada siswa, dan beberapa hal yang mendukung lainnya seperti pengelolaan kelas yang lebih baik.
Dengan multimedia akan merangsang siswa dalam skill menggunakan teknologi informasi dalam belajarnya. Siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari suatu materi dan tertantang untuk menyelesaikan soal. 
Mungkin hal yang menjadi persoalan adalah alokasi waktu yang dibutuhkan dalm menyusun sebuah multimedia ini. Sebagai contoh dalam satu kompetensi  dasar kemungkinan tidak akan selesai dalam waktu satu minggu. Tetapi apabila hal ini dilaksanakan secara bertahap, tahun depan dapat dipastikan telah mampu menggunakan multimedia dalam belajar dan buku teks hanyalah dijadikan sebagai referensi saja.
Dalam multimedia powerpoint ini yang dicontohkan adalah materi kelas 6 dengan pokok bahasan Tata surya. Anda dapat mendownloadnya di sini  atau klik download untuk mengetahui lebih lanjut.

2 komentar:

Djendral mengatakan...

Nice posted

Mr Han mengatakan...

thanks djendral. jgn kapok kunjungi lagi ya.

Posting Komentar